Bertempat di Aula AL-Azhar Solo Baru, kegiatan IESQ dalam acara malam bimbingan-binaan iman taqwa diselenggarakan. Kegiatan IESQ SMA AL Azhar 7 Solo Baru merupakan bagian sejumlah rangkaian persiapan menghadapi Ujian Nasional yang bertujuan peningkatan semangat belajar, semangat mandiri dan membangun insan yang bertaqwa memiliki intelektual dan spiritual yang mulia. Selaku pemateri dalam IESQ, tidak asing lagi, Dr. Ir. Suranto. ST, MM. MSi (Direktur Sekolah Vokasi UMS).

Kegiatan di buka oleh wakil Kepala Sekolah SMA 7 Al Azhar Solo Baru, memberikan arahan melalui IESQ ini siswa harus memiliki semangat, mental dan karakter tangguh di era 4.0, apalagi menghadapi ujian nasional yang semakin dekat. Godaan, persaingan dan tantangan cukuplah berat, maka melalui IESQ sebagai materi muhasabah dan motivasi, diharapkan mampu memberikan semangat positif bagi siswa.

Kegiatan yang dilaksanakan dan diikuti sekitar 90 siswa, diikuti secara antusias di mulai pukul 20.00-22.30, materi yang sampaikan penuh humor di selingi dengan game edukasi yang membuat suasana menjadi cair.

Dr. Suranto. MM. MSi menambahkan, bahwa menjadi siswa unggul harus mampu mempetakan dirinya dan menyiapkan diri dengan sejumlah kompetensi, siswa harus mampu mengelola kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang di era 4.0 ini. Siswa harus menyiapkan diri sejak dini, akan arti pentingnya bakat atau potensi akademiknya, sehingga setelah lulus berprestasi sesuai passion yang diminati.

Untuk mengasah skill, knowledge dan peningkatan attitude, peran bekal spiritual sangatlah penting. Harapan peserta, kegiatan ini sangat positif dan telah mampu membuka wacana, pencerahan bagi kami semua, sehingga terbuka mindset positif, imbuh salah satu peserta. Harapannya kedepan kegiatan ini harus dilakukan diawal semester agar menggugah semangat dan mental belajar bagi siswa, kata seorang siswa lainnya